Selasa, 12 Oktober 2010

Anggapan jelek belum tentu buruk.

Seperti judul yang tertulis diatas kejelekan belum tentu selamanya menjadi buruk.
Dalam hal ilmu pengetahuan segalanya bisa saja berubah, pada penelitian sekarang dianggap buruk, besok bisa jadi menjadi sebaliknya.
Bisa juga dulu dianggap tak berguna, sekarang menjadi sangat berguna.
Sebagai contoh soal ;
Game komputer sudah lama dituding sebagai penyebab anak-anak terasing dari pergaulan dan mengganggu konsentrasi dalam belajar.
Pada penelitian ternyata anak-anak yang bermain game secara teratur mampu mengembangkan koordinasi tangan dan mata, pemahaman terhadap sains semakin baik, bahkan IQ-nua meningkat.
Penelitian yang dilakukan pada tahun 2002 terhadap 700 anak membuktikan bahwa game simulasi dan petualangan, terbukti meningkatkan strategi berpikir dan teknik perencanaan pada anak.
Penelitian ini merekomendasikan bahwa game komputer dapat menjadi sarana yang tepat untuk menjelaskan dasar-dasar ilmu fisika ( misalnya ketika sebuah senjata menembakkan peluru yang mengikuti garis lintasan yang pasti, ini merupakan ilustrasi nyata hukum gravitasi ).
Tetapi ada beberapa hal yang perlu mendapat perhatian, memang ada beberapa game yang ternyata dapat menimbulkan gejala stres, sehingga anak-anak sulit membedakan antara fiksi dan fakta.
Disini pengawasan orang tua diperlukan.

Musik Rock atau musik cadas, yang biasa kalau dibawakan dengan volume yang tinggi.
Dulu dianggap musik yang dapat membikin kuping jadi tuli atau setidaknya terjadi gangguan pada telinga alias budeg.
Dengan suara musik rock yang menghentak-hentak dengan lengkingan gitar yang mendayu-dayu, jangan heran dan tak usah terheran-heran ternyata ada dampak positipnya.
Pada penelitian yang dilakukan di universitas Manchester membuktikan bahwa semakin besar suara yang dihasilkan oleh musik yang kita dengar, semakin besar pula kesenangan yang ditimbulkan kepada kita.
Ini akibat sistem vestibular, yang bertanggung jawab terhadap keseimbangan, tetapi juga menimbulkan getaran ; saat gelombang suara terkirim, pesan positip terkirim juga ke otak.
Peneliti Neil Todd percaya hal itu merupakan pengaruh dari indra akustik primitif kita yang terhubung dengan keinginan-keinginan dasar seperti lapar atau seks.
Pada penelitian juga dikatakan, pada waktu telinga menerima gelombang yang ditimbulkan oleh suara gitar elektrik yang mendayu-dayu, gelombang itu diteruskan ke pusat memori, sehingga dapat melatih ketajaman berfikir seseorang dan meningkatkan daya ingat.

Kegiatan berlari sering kali disalahkan sebagai penyebab radang pada sendi.
Dengan melakukan kegiatan berlari tulang-tulang sendi sering mendapat gesekkan, dan lebih berat lagi jika beban tubuh orang tersebut gemuk.
Beban sendi menerima gesekkan menjadi lebih kuat, akibatnya tulang rawan sendi menjadi menipis dan timbul peradangan yang disertai rasa sakit.
Tetapi dari hasil penelitian terbaru menunjukkan bahwa mereka yang secara rutin berlari berpeluang lebih kecil mengalami kondisi tersebut, dibandingkan mereka yang tidak berlari secara rutin.
Dengan berlari dapat memperkuat tulang rawan disekitar lutut dan mencegah penurunan fungsi.
Berlari secara rutin juga dapat mengurangi rasa sakit.
Bagi mereka yang sudah uzur, jalan cepat lebih dianjurkan dan tak perlu berlari.

Mengonsumsi produk-produk susu low- fat atau non-fat, sekarang ini menjadi tren, bahkan seakan menjadi keharusan, dikarenakan alasannya lebih aman.
Namun menurut penelitian terbaru menunjukkan bahwa mereka yang banyak mengonsumsi susu full-fat memiliki prosentase 63 % lebih kecil mengindap " Sindrome metabolisme "
kumpulan dari gejala-gejala yang meliputi tekanan darah, lemak darah dan tingkat glukosa yang tinggi yang dapat menyebabkan penyakit diabetes melitus, penyakit jantung, bahkan stroke.
Asam lemak yang terdapat di susu, yoghurt dan keju full-fat dapat meningkatkan sensitivitas insulin pada mereka yang menderita sindrome metabolisme, sehingga membuat tubuh menjadi lebih mudah dalam mengontrol berat badan.
Susu full-fat akan bermanfaat jika dibarengi dengan diet seimbang.
Hati-hati juga bila mengonsumsi terlalu banyak, bisa-bisa tubuh anda menjadi melar alias gemuk.

Kafein seperti yang telah kita ketahui, sering dihubungkan dengan debaran jantung yang meningkat, tekanan darah yang meninggi, kanker pankreas, diabetes melitus, insomnia dan masih banyak lagi.
Tetapi belakangan ini ada sejumlah penelitian yang memberikan angin segar menunjukkan bahwa kopi dapat melawan atau memperlambat perkembangan penyakit parkinson pada pria.
Kafein tampaknya menstimulasi sel-sel saraf yang memproduksi dopamine untuk melawan gejala-gejala parkinson, dan kafein dapat melindungi sel-sel saraf.

Mengonsumsi anggur merah ( Red wine ) dalam jumlah wajar dapat membantu melawan penyakit jantung, hal ini sudah banyak dipublikasikan.
Meminum anggur, jika tidak berlebihan akan mengurangi risiko mampirnya penyakit alzheimer, salah satu gejalanya adalah kepikunan.
Penyakit ini umumnya menyerang usia lanjut diatas 75 tahun.
Sebaliknya, konsumsi anggur yang berlebihan dapat meningkatkan risiko alzheimer.
Meminum satu atau dua gelas alkohol sehari ternyata mengalami risiko lebih rendah terserang alzheimer.
Bagi mereka yang telah mengalami masalah ingatan dan meminum lebih dari dua gelas anggur perhari, mendapatkan risiko dua kali terserang alzheimer, jika dibandingkan dengan penderita yang tidak meminum anggur.
Menurut WHO diperkirakan 37 juta orang di dunia menderita demensia yang disebabkan alzheimer, diperkirakan angka itu akan bertambah dengan cepat dalam dekade ke depan.
Pada penelitian di AS menyatakan, suplemen omega-3 tidak menghentikan penurunan memori pada penderita alzheimer.
Penemuan dari penelitian selama 18 bulan yang didukung dana dari pemerintah menyatakan, usulan meminum suplemen docosahexaenoic acid ( DHA ) ataupun asam omega-3 tidak banyak membantu penderita alzheimer.
Lain lagi pada penelitian di negri Belanda dan Cekoslovakia, membuktikan bahwa kandungan vit B 6 yang terdapat dalam anggur dapat mencegah pertumbuhan homocysteine, asam amino, yang dalam jumlah banyak dapat mengakibatkan serangan jantung.
Anggur juga mengandung polyphenols, yang dapat mengontrol kadar kolesterol LDL.

Jadi tidak selamanya yang dianggap jelek itu menjadi buruk.
Trimakasih, Tuhan memberkati.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar