Sabtu, 11 Februari 2012

Keringat berlebihan, berkah atau musibah.

Apakah anda atau anak anda atau siapa saja yang mengalami berkeringat berlebihan, bahkan sampai basah kuyup seperti habis kehujanan dari langit.
Keadaan demikian ini bisa dalam batas yang normal atau perlu mendapat perhatian serius.
Peristiwa berkeringat adalah salah satu cara alami tubuh untuk mempertahankan suhu tubuh.
Sering kali orang mengalami banyak berkeringat saat berada dalam lingkungan yang bersuhu udara panas dan saat melakukan aktivitas berlebihan karena metabolisme tubuh meningkat.
Tetapi ada juga beberapa orang yang cenderung berkeringat banyak, walaupun dalam melakukan aktivitas biasa-biasa saja, bahkan dalam suhu udara yang tidak terlalu panas sekalipun.

Produksi keringat yang berlebihan dalam istilah kedokteran disebut hyperhidrosis.
Keringat banyak, adalah akibat dari terjadinya aktivitas yang berlebihan dari kelenjar keringat ( glandulla Sudorifera ).
Berkeringat biasanya terjadi di bagian-bagian tertentu pada tubuh seperti telapak tangan, kaki, ketiak, sela paha, atau sekitar payudara, bahkan dapat meliputi seluruh wilayah tubuh.
Munculnya keringat yang berlebihan dapat disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya :
Pada waktu terjadi demam / panas tinggi, gangguan pada kelenjar tiroid, gangguan pada kelenjar adrenal, gangguan pada sistem saraf simpatis, riwayat penyakit alergi, konsumsi obat-obatan terutama aminophylin / theophylin, antibiotika jenis thiamfenicol, hyperaktif, udara panas, gangguan psikologis, banyak minum air terutama air hangat, setelah makan pedas- pedas dan mandi uap.
Mengenai mandi uap sendiri dapat meningkatkan metabolisme tubuh sehingga keluar keringat lebih banyak.
Tetapi mandi uap tidak diperbolehkan pada penderita tekanan darah tinggi, tekanan darah rendah dan ibu sedang hamil, karena sangat berbahaya.

Bila berkeringat muncul pada malam hari terutama pada saat tidur, lebih dikenal sebagai keringat malam.
Keadaan ini harus ditindaklanjuti, apakah ada gejala-gejala adanya gangguan pada sistem paru atau jantungnya, terutama yang sudah menahun.
Tetapi dapat juga disebabkan oleh kecemasan yang berlarut-larut.
Yang lebih repot lagi bila produksi keringat yang berlebihan ini disertai dengan munculnya bakteri dan jamur pada kulit, maka akan terjadi gangguan pada jaringan kulit dan kelenjar keringat pada kulit, sehingga akan muncul bau yang tidak sedap.
Kondisi seperti ini disebut bromhidrosis.
Keringat pada tangan biasanya paling banyak keluar di daerah punggung tangan, terutama jika melakukan aktivitas olahraga..
Berbeda dengan keringat yang keluar pada telapak tangan.
Hal ini dikarenakan persarafan kelenjar keringat di daerah telapak tangan berbeda dengan yang ada di punggung tangan atau seluruh tubuh.
Persarafan kelenjar keringat yang ada di telapak tangan adalah persarafan yang dipengaruhi oleh susunan saraf otonom atau simpatis, sehingga akan keluar pada saat situasi khusus seperti ketakutan atau stres.
Susunan saraf otonom sendiri memiliki dua jenis saraf berbeda yang melakukan kerja berlainan pada tubuh.
Yang satu mempercepat tubuh kita ( simpatis ), sedangkan yang lainnya mengerem ( para simpatis ).
Sebagai tanggapan terhadap bahaya nyata atau baru dugaan dan atau stres, bagian sistem saraf otonom yang diaktifkan, yaitu sistem saraf simpatis, membangkitkan tubuh kita dengan memompa keluar hormon-hormon stres seperti adrenalin dan kortisol.
Hal ini menyebabkan meningkatnya kecepatan denyut jantung dan tekanan darah, ketegangan otot, kadar hormon, metabolisme, serta aktivitas otak.
Akhirnya memicu untuk mengeluarkan keringat lebih banyak.
Keluarnya keringat yang berlebihan juga dapat memunculkan suatu penyakit.
Sebagai contoh ; karena adanya aktivitas fisik yang berat seperti pada pekerja buruh kasar yang memicu keluarnya banyak keringat, maka bisa terjadi kekurangan cairan yang disebut dehidrasi.
Kondisi seperti ini berbahaya karena bisa mengganggu keseimbangan fungsi organ-organ tubuh.
Selain itu ada juga penyakit yang memang pada dasarnya mengeluarkan banyak keringat, seperti hipertiroid.
Sebab penyakit ini terjadi karena peningkatan kadar hormon tiroid bebas dalam darah.
Gejala penyakit hipertiroid selain diikuti dengan gejala keluarnya keringat berlebih pada telapak tangan dan telapak kaki juga disertai tanda-tanda lain, seperti tremor halus / gemetaran, suara parau, eksopthalmus ( bola mata membesar dan menonjol ), sering lapar, rasa gerah/panas badan didalam, dan badan bertambah kurus.

Penanganan masalah dengan keluarnya keringat yang berlebihan ini sangat bergantung pada masalah penyebabnya.
Secara umum dapat dilakukan dengan pengaturan pola asupan makanan yang baik terutama mengurangi konsumsi makanan yang bersumber dari hewan, lebih banyak dan menekankan pada asupan sayur dan buah segar, disini dipilih terutama nanas atau pepaya.
Buah-buah ini mengandung banyak enzim alami yang dapat membantu proses pencernaan.

ada beberapa teori mengatakan keluarnya keringat yang berlebihan ini sering muncul pada orang-orang yang sistem atau proses pencernaannnya kurang berfungsi dengan baik, terutama bila menimbulkan keringat yang berbau.
Beberapa hasil penelitian menunjukkan bahwa keringat yang berlebihan berkaitan dengan berkurangnya asupan unsur seng di dalam tubuh.
Bagi mereka yang berkeringat berlebihan dianjurkan untuk banyak mengkonsumsi sayuran hijau atau mengkonsumsi makanan yang mengandung seng.
Terkait dengan masalah keluarnya keringat yang berlebihan, ada beberapa hal yang harus diperhatikan :
- Kebersihan kulit, hal ini sangat penting, hindari penggunaan bahan-bahan yang mudah mengiritasi kulit terutama produk perawatan kulit, sabun, deodoran, atau parfum.
Selalu membersihkan tubuh dengan sabun-sabun yang tidak terlalu keras atau alkalis.
- Hindari penggunaan body lotion yang menyebabkan kulit sulit bernapas sehingga justru akan meningkatkan aktivitas kelenjar keringat.
Bila ingin menggunakan body lotion pilihlah yang berlabel water - based dan hypoallergenic ( tidak menimbulkan alergi ).
- Gunakan bahan pakaian ( terutama pakaian dalam ) yang lembut dan mudah menyerap keringat, seperti bahan katun.
Hindari menggunakan bahan sintetis misalnya nylon, lycra.
Pada malam hari sebaiknya menggunakan pakaian yang tipis berlapis dari pada memakai pakaian yang tebal guna menghindari terjadinya proses kelembaban pada tubuh.

Jadi kalau anda atau anak anda atau siapa saja yang mempunyai kebiasaan keluar keringat secara berlebihan, sebaiknya jangan terlalu cemas dahulu, karena keluarnya keringat secara berlebihan belum tentu ditemukan sebagai penyakit yang dianggap serius, karena bisa saja proses keluarnya keringat yang berlebihan adalah suatu proses yang fisiologis ( masih dalam batas normal-normal saja ) alias tidak ada kelainan atau penyakit.
Diharapkan setelah membaca artikel ini anda bisa memprediksi ke arah mana anda berjalan, ke arah berkah atau musibah.
Untuk lebih memastikan periksalah ke dokter keluarga anda terlebih dahulu.
Terima kasih, Tuhan memberkati.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar