Kamis, 16 Januari 2014

Minuman terbaik adalah air bening hangat.

Kebiasaan orang pada umumnya bila bangun pagi bukan minum air bening hangat, malah minum kopi hangat atau teh manis hangat.
Pada pagi hari yang menyehatkan adalah minum air bening hangat, tanpa embel-embel kopi atau teh.
Minum air bening ini cukup dengan 1 gelas ukuran besar ( minum 500 mililiter air ).
Selama tidur, tubuh kehilangan banyak kadar air dengan berkeringat, bernapas, penguapan AC dan lain-lain.
Dan saat terjaga dimalam hari, dengan melakukan kegiatan kencing menghilangkan kadar air bersama zat buangan, sehingga tubuh memerlukan tambahan air yang cukup.
Tubuh manusia memerlukan air untuk memenuhi kebutuhannya agar selalu kecukupan, minumlah 1,5 sampai 2 liter air setiap hari.
Tetapi ada yang perlu diperhatikan jangan minum air dingin meskipun musim panas.
Jika minum minuman dingin, suhu tubuh turun drastis.
Terutama di pagi hari, suhu tubuh paling rendah dalam 1 hari, sehingga jika minum air dingin, suhu tubuh turun terlalu rendah.
Agar suhu tubuh tidak turun, biasakan minum air dengan suhu kamar, termasuk pada pagi hari.
Begitu pentingnya menghangatkan tubuh bagi orang yang suhu tubuhnya hanya 34,8 derajat celsius misalnya.
Biasa kondisi ini disebut " accidental hypothermia " ( kondisi suhu tubuh rendah yang terjadi secara kebetulan ). Keadaan ini termasuk kondisi kritis.
Kondisi seperti ini sangat sulit untuk dipulihkan dan sangat mengancam nyawa karena berpengaruh terhadap gerakan jantung dan mengganggu fungsi organ lain dalam tubuh.
Untuk mengatasi kondisi ini tidaklah semudah dengan menghangatkan tubuh dari luar seperti dengan alat-alat penghangat atau selimut tebal seperti yang kalau kita lihat di beberapa rumah sakit, kalau pasien menggigil dengan suhu tubuh turun segera diberikan selimut tebal.
Hal ini tidak akan menolong, malah sangat membahayakan nyawa orang tersebut.
Pemulihannya hanya dengan tindakan menghangatkan tubuh dari dalam.
Kalau orang itu masih bisa minum ( sadar ) diberikan air hangat, jika tidak sadar atau keadaannya tidak memungkinkan dipasang selang ( food fiding / sonde ) lewat hidung sampai ke lambung dengan diberikan cairan garam fisiologis yang hangat ke dalam selang tersebut.
Sehingga tubuh menjadi hangat sedikit demi sedikit dari dalam.
Dan pasien pun akan pulih dari suasana tubuh yang dingin menjadi hangat.
Menghangatkan tubuh dari dalam merupakan hal yang penting karena dapat memberikan vitalitas kehidupan sejak awal.
Oleh sebab itu, sedapat mungkin hindari yang namanya minum air dingin, dan perbanyak minum minuman hangat dalam menjalani hari-harinya.

Air hangat penyembuh penyakit.

Kita telah mengetahui bahwa penyakit asma tidak cocok dengan air yang dingin ( lebih populer dengan nama air kulkas ).
Dengan minum air dingin asma semakin bertambah berat, sebab suasana dingin merangsang saraf-saraf otonom, terutama parasimpatis untuk mengerutkan otot-otot bronchus dan suasana dingin pun akan memproduksi lebih banyak lendir, sehingga saluran pernapasan pun semakin sempit.
Bila minum air yang hangat saluran napaspun menjadi longgar dan lendir akan mudah dikeluarkan.
( baca tulisan dr. Sintoso P, tentang asma ).


Pada penderita Arthritis atau lebih dikenal dengan nama encok.
Akan lebih parah jika meminum air yang dingin, karena disini suhu tubuh akan lebih banyak menurun drastis.
Sehingga tubuh makin dingin dan encok pun makin bertambah parah sekaligus penderitaan berlanjut.


Gangguan pada pencernaan.
Sedikit minum air dingin atau beberapa teguk air es mungkin tidak berbahaya, tetapi setengah gelas atau lebih air es yang diminum dapat membekukan selaput lambung.
Produksi getah lambung akan berkurang dan pencernaan akan diperlambat.
Akibatnya sering terjadi gangguan pencernaan, seperti sakit maag ( gastritis ), gangguan buang air besar dan seterusnya.
Tetapi dengan air hangat atau air suhu kamar, pencernaan akan terasa lebih nyaman dan buang air besar tambah lancar dengan konsistensi baik.

Minum teh hangat.
Kebanyakan masyarakat kita di pagi hari minum air teh hangat.
Kebiasaan minum hangat itu baik, tetapi dengan teh hangat menjadi kurang baik, apalagi ditambah gula menjadi teh manis hangat.
Daun teh yang menjadi sumber minuman teh, mengandung dua macam zat berbahaya ( bila terpaksa digunakan harus seijin dokter ), yaitu theophiline dan cafeine.
Kedua zat ini sama unsur kimianya, dan keduanya dijadikan bahan alkaloid.
Dalam dunia kedokteran, keduanya digunakan sebagai bahan perangsang, theophiline umumnya digunakan untuk melonggarkan pernapasan  ( bronchodilator ) dan merangsang denyut jantung dan cafeine bekerja disamping merangsang denyut jantung, efeknya mempengaruhi otak ( semacam doping ).
Lebih sedikit cafeine dalam secangkir teh ketimbang dalam secangkir kopi.
Begitu juga dengan minum kopi panas / hangat di pagi hari.
Minuman hangat di pagi hari tergolong sehat, tetapi dengan kopi menjadi tidak sehat, karena zat berbahaya selalu siap masuk ke tubuh untuk merusak ( ada teori kopi jika diminum hanya dalam porsi sedikit dapat memberikan kesegaran tubuh dan dapat mengurangi depresi ).


Penyakit tonsilitis ( amandel ) dan faringitis ( radang tenggorokan ).
Kedua penyakit ini paling sering diderita anak-anak tentunya yang hobi minum air dingin ( air kulkas ), karena dapat merangsang tenggorokan yang memang sebelumnya sudah sering / sensitif menderita radang dan yang sudah mempunyai riwayat amandel membesar.
( Pada penelitian terbaru amandel dapat disebabkan oleh faktor keturunan / genetik ).
Jadi bagi yang sering menderita radang tenggorokan ( faringitis ) dan masalah amandel ( tonsilitis ), sebaiknya hindari air dingin dan minum air yang hangat , yang menyehatkan.


Makan air hangat.
Di buku-buku teks terbaru sering disebut-sebut.
Istilah makan air ini jarang sekali kita temukan, yang sering minum air.
Makan air maksudnya kalau kita makan dengan masakan atau sayur mentah ataupun buah-buahan yang mengandung banyak air.
Contohnya : sup ayam / sapi, cap cay, air tim ayam / sapi dan masakan berkuah lainnya serta air dari sayur mentah ( tidak melalui proses rebus ), dan air dari buah-buahan.
Itu tergolong makan air suhu kamar atau hangat, karena dapat menghangatkan tubuh dan memperbaiki pencernaan, serta memberikan energi tubuh yang prima.
Makan air juga seperti kita mengkonsumsi buah dan sayur segar bukanlah sembarang air, cairan itu adalah air yang terbungkus di dalam struktur makanan untuk menyediakan asupan air yang lambat dan stabil ketika kita mencerna.
Dan merupakan air yang terkunci didalam makanan yang kaya akan antioksidan dan bahan gizi lainnya yang melindungi dan memajukan integritas seluler.
Jadi makan air termasuk dalam daftar sehat.
Teori dari hasil penelitian ini ditemukan belum lama bulan september 2013.

Kebiasaan minum minuman air bening hangat merupakan kebiasaan yang baik dan menyehatkan.
Karena air bening yang hangat sesuai dengan kondisi normal suhu tubuh manusia, yaitu 36,5 derajat celsius sampai 37 derajat celsius.
Bila minum air dingin suhu tubuh turun 1 derajat celsius saja daya tahan tubuh akan turun sampai 30 % dan sebaliknya jika suhu tubuh naik 1 derajat celsius, daya tahan tubuh naik 500 - 600 % atau meningkat 5 - 6 kali lipat. ( Baca artikel sebelumnya mengenai suhu tubuh dari dr. Sintoso Pujianto. ).
Terima kasih, Tuhan memberkati.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar