Sabtu, 04 September 2010

Pengobatan sesuai jam tubuh.

Untuk mengoptimalkan hasil pengobatan, sebaiknya dilakukan pengobatan menurut jam biologisnya, yang dalam dunia pengobatan dikenal dengan istilah chronotherapeutics.
Ini terutama untuk kasus darah tinggi, nyeri dada ( ischemic heart ), atau asthma bronchiale.
Penelitian yang dilakukan oleh American Medical Association ( AMA ) menunjukkan, serangan penyakit asthma yang diderita lebih dari 15 juta orang Amerika, lebih sering terjadi pada malam hari dan terutama sekitar pukul 04.00 pagi.
Konsekuensinya, pengobatan harus dibuat sedemikian rupa menjadi efektif ketika radang sistem pernapasan sedang kuat.
AMA menekankan masih perlunya penelitian lebih lanjut untuk menciptakan efek yang berlangsung pada waktu tertentu.
AMA juga mengatakan pengobatan melawan asthma lebih efektif bila dilakukan sore hari, untuk mencegah munculnya gejala dibandingkan siang hari saat gejala sudah terjadi.
Pengobatan penyakit asthma bronchiale sangat lebih bermanfaat bila pengaturan pengobatannya diberikan pada waktu malam hari, karena bisa mengurangi penyakit itu.
Chronotherapeutics, yang berkembang di Amerika Serikat didasarkan pada prinsip pengobatan yang harus mempertimbangkan ritme biologis seperti penyesuaian tubuh pada siklus siang-malam atau siklus menstruasi pada wanita sebulan sekali atau bahkan siklus musim.
Obat-obatan yang akan diberikan dirancang secara tepat, dengan jumlah tepat, dan waktu yang tepat, sehingga menjadi efektif secara optimal dan aman.
Tujuannya mengoptimalkan efek yang di inginkan dari obat dan mengendalikan efek samping yang tidak diinginkan dari pengobatan itu.
Kebanyakkan gejala dari penyakit kronis seringkali berhubungan dengan ritmik biologis.
Hal ini sudah dikenal dalam kasus-kasus hipertensi arterial, angina dan arthritis, asthma, epilepsi, migrain, ischemic heart dan lambung.
Dalam kasus penyakit pembuluh darah seperti hipertensi dan serangan jantung, sudah diketahui, darah cenderung tersumbat pada pagi hari dan hal itu berkaitan dengan stres yang terjadi saat bangun tidur.
Itulah sebabnya, mengapa kebanyakkan serangan jantung terjadi pada pagi hari.
Chronotherapeutics akan mempertimbangkan dalam pengobatan menggunakan antikoagulan.
Hal yang sama juga berlaku pada munculnya rasa sakit di pagi hari dan malam hari yang disebabkan oleh penyakit arthritis.
Jam tubuh memang memegang peran penting dalam pengobatan stres sebelum menstruasi, yang diderita lebih kurang lima persen wanita dan menyebabkan terjadinya perubahan prilaku penderita.
Pada suatu penelitian menunjukkan pengobatan yang paling efektif mengkombinasikannya dengan fototherapy-pemaparan terhadap sinar dan perubahan pola tidur untuk mengatur ritmik biologis.
Trimakasih, Tuhan memberkati.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar