Selasa, 04 Januari 2011

Tentang Asesori Kesehatan.

Anda pernah melihat atau bahkan ditawari jenis kalung atau gelang kesehatan yang akhir-akhir ini semakin marak di masyarakat.
Barang-barang ini dipromosikan memiliki banyak manfaat bagi kesehatan dan mampu merebut pasaran konsumen dari berbagai kalangan mulai dari yang berduit tipis sampai ke yang berduit tebal, dari orang biasa sampai orang yang terkenal.
Tehnologi yang dibilang baru ini memanfaatkan inframerah dengan menyimpannya disuatu benda untuk tujuan pengobatan terhadap manusia.
Mekanisme yang dijadikan pengobatan adalah medan magnet.
Benda atau alat ini menggunakan metode medan magnet dan inframerah sekaligus.
Pada dasarnya setiap manusia memiliki medan magnet ditubuhnya, pada sistem saraf dan otot terdapat aliran arus listrik yang tentu saja akan menghasilkan medan magnet.
Para ilmuwan berpendapat, bahwa setiap orang yang hidup dibawah garis khatulistiwa, seperti Indonesia memiliki medan magnet 300 militesla didalam tubuhnya.
Sedangkan manusia yang hidup di benua Eropa atau Amerika, mencapai 450 militesla, jumlahnya lebih besar dibandingkan penduduk Asia, karena mereka hidupnya berdekatan dengan kutub utara dan selatan.
Dengan mengandalkan tekhnologi dari Jepang, kalung dan gelang untuk kesehatan yang dipasarkan itu dikatakan menghasilkan meterial yang dapat memancarkan gelombang inframarah panjang ( FIR = Far Infrared Ray ), dengan panjang gelombang 4 - 16 mikron.
Orang yang memakai kalung atau gelang dikatakan akan bertambah medan magnetnya didalam tubuhnya.
Dengan meningkatnya medan magnet di dalam tubuh, maka diharapkan dapat membantu sistem tubuh kita, salah satunya meningkatkan metabolisme tubuh.
Menurut teori medis, proses kimiawi untuk menunjang kehidupan manusia dibagi 2 bagian :
1. Anabolisme bersifat " membangun " yang dibentuk biasanya protein atau asam nucleat.
2. Katabolisme bersifat " membongkar " yaitu saat tubuh memproses, memecah molekul saat terjadi proses pencernaan atau untuk respirasi selluler.
Peningkatan metabolisme tubuh manusia diperoleh dari makanan dan zat dalam tubuh.

Metabolisme bergantung pada ketersediaan substrat, umumnya dari bahan makanan atau dari simpanan zat dalam tubuh, enzim yang berperan dalam proses tersebut dan tingkat kebutuhannya.
Secara umum metabolisme meningkat jika proses kimia yang berlangsung berjumlah banyak, misalnya pada saat setelah makan, maka banyak bahan makanan tersedia untuk berlangsungnya proses kimiawi, sehingga tubuh menjadi lebih panas ( hangat ).
Sebaliknya metabolisme menurun jika bahan yang dibutuhkan untuk proses kimiawi hanya ada sedikit, misalnya waktu puasa dan pada keadaan ekstrim, sehingga dapat menurunkan suhu tubuh.

Metode infrared ( panas ), memicu panas dan dapat mempercepat pergerakkan molekul sehingga dapat meningkatkan proses kimiawi.
Didalam ilmu kedokteran penggunaan sinar inframerah dapat menghasilkan pemanasan pada permukaan tubuh, akibatnya pembuluh darah permukaan melebar.
Kalau benda kalung atau gelang dipakai permanen, berarti perangsangan terhadap tubuh oleh sinar inframerah yang sekaligus bermuatan magnet secara terus menerus ( Continue ), perangsangan seperti ini dapat memicu keganasan ( kanker ) dan menimbulkan perubahan dalam pengaturan biorithme tubuh, karena tubuh merespon ada sesuatu yang berubah.
Sinar inframerah jika digunakan sesuai kebutuhan, seperti halnya bila kita berjemur dibawah sinar matahari ( antara jam 6.00 sampai dengan jam 9.00 wib pagi hari, lamanya 15 - 30 menit ) sangat membantu untuk memperbaiki sirkulasi, memberikan rasa hangat, nyaman bahkan bisa untuk penyembuhan suatu penyakit.
Tetapi bukan pemaparan yang terus menerus secara tetap.
Pada benda gelang atau kalung kesehatan juga tidak mencantumkan militesla yang terukur, sampai batas berapa yang dapat merugikan dan sampai batas berapa yang dianggap menguntungkan bagi tubuh manusia.
Jadi jelasnya sampai batas berapa manusia dapat menerima militesla ditubuhnya masih belum ada ketentuan yang pasti.
Semoga sumbangsih keilmuan saya ini dapat menjadi referensi bagi para pembaca.
Trimakasih, Tuhan memberkati.

1 komentar:

  1. bagaimana dengan Ginsamyong Kalung Dan Gelang Kesehatan Far Infra Red Rays , apakah benda ini berpotensi bahaya jika dipakai terus. kenapa YLKI & IDI serta Ilmuwan & researcher tidak mengeluarkan ketentuan/fatwa mengenai baik atau buruk tentang produk tersebut, kenapa sertifikat produk tersebut tidak dikeluarkan oleh lembaga kesehatan eropa & amerika

    BalasHapus